Sabtu, 27 Juni 2015

PENTINGNYA INFORMASI DARI PELANGGAN


By on 17.12


Para era zaman yang serba canggih ini tanpa kita sadari kita sangatlah membutuhkan yang namanya informasi, informasi bisa didapat melalui berbagai media seperti media cetak, media online, media televisi, media radio. Bisa dibayangkan klo media informasi ini tidak ada bagaimana jadinya. Informasi mempunyai manfaat dan peranan yang sangat penting khususnya dalam dunia usaha. Dengan tersedianya informasi tersebut dapat menjadi bahan masukan atau pertimbangan para pemilik usaha dalam pengambilan keputusan secara efektif dan efisien. Sehingga bisa dikatakan bahwa informasi merupakan sebuah hal yang sangat bermanfaat untuk para pengambil keputusan dalam rangka mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Informasi itu sendiri dapat di artikan suatu data atau pesan yang telah diolah melalui berbagai media yang dimana tujuannya adalah untuk disampaikan kepada penerima dan pastinya ada sebuah manfaat dari penerimaan data tersebut. Dengan adanya berbagai fasilitas komunitas atau media online memungkinkan terjadinya suatu interaksi sosial secara elektronik yang akan mendorong terjadinya electronic-word of mouth (e-WOM). Electronic word- of- mouth (e-WOM) yaitu pernyataan positif atau negatif yang dibuat oleh pelanggan potensial, pelanggan aktual dan mantan pelanggan tentang produk atau perusahaan melalui internet.
Dalam dunia usaha terkadang pelanggan memberikan informasi kepada pemilik usaha yang berupa saran atau kritik, saran dan kritik ini banyak yang ditanggapi secara positif oleh para pemilik usaha dan melakukan koreksi/perbaikan namun tidak dapat dipungkiri juga banyak pemilik usaha yang menanggapinya dengan negatif. Padahal dengan memanfaatkan informasi dari pelanggan ini para pemilik usaha dapat melakukan perubahan atau perbaikan ke arah yang lebih baik, beberapa informasi yang  bisa didapat pemilik usaha dari pelanggan seperti :
  1. Informasi persaingan bisnis.
  2. Informasi produk pesaing
  3. Informasi pemasaran/penjualan produk.
  4. Informasi ketenaga kerjaan.
  5. Informasi cara mengelola bisnis.
  6. Informasi inovasi produk.
Dari informasi pelangga para pemilik usaha dapat melakukan beberapa hal seperti :
  1. Menetapkan strategi.
  2. Memilih saluran distribusi yang tepat.
  3. Memilih dan membuat produk dengan lebih cepat dan lebih murah.
  4. Membuat produk yang sesuai dengan segmentasi.
  5. Melakukan inovasi, membuat desain produk baru atau kombinasi.
  6. Memberikan insentif kepada pelanggan yang sukarela memberikan informasi.
Dengan adanya kesadaran dari pemilik usaha betapa pentingnya informasi, apalagi informasi tersebut datangnya dari pelangga harusnya para pemilik usaha memberikan apresiasi kepada pelanggan yang sudah memberikan informasi yang berarti ikut peduli terhadap keberlangsungan usahanya.


About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

0 komentar:

Posting Komentar