Para era zaman yang serba canggih ini tanpa kita sadari kita
sangatlah membutuhkan yang namanya informasi, informasi bisa didapat melalui
berbagai media seperti media cetak, media online, media televisi, media radio. Bisa
dibayangkan klo media informasi ini tidak ada bagaimana jadinya. Informasi
mempunyai manfaat dan peranan yang sangat penting khususnya dalam dunia usaha. Dengan
tersedianya informasi tersebut dapat menjadi bahan masukan atau pertimbangan para
pemilik usaha dalam pengambilan keputusan secara efektif dan efisien. Sehingga
bisa dikatakan bahwa informasi merupakan sebuah hal yang sangat bermanfaat
untuk para pengambil keputusan dalam rangka mencapai tujuan yang sudah
ditetapkan sebelumnya.
Informasi itu sendiri dapat
di artikan suatu data atau pesan yang telah diolah melalui berbagai media yang
dimana tujuannya adalah untuk disampaikan kepada penerima dan pastinya ada
sebuah manfaat dari penerimaan data tersebut. Dengan adanya berbagai fasilitas
komunitas atau media online memungkinkan terjadinya suatu interaksi sosial
secara elektronik yang akan mendorong terjadinya electronic-word of mouth (e-WOM). Electronic word- of- mouth (e-WOM) yaitu pernyataan positif atau
negatif yang dibuat oleh pelanggan potensial, pelanggan aktual dan mantan
pelanggan tentang produk atau perusahaan melalui internet.
Dalam dunia usaha terkadang pelanggan memberikan informasi kepada
pemilik usaha yang berupa saran atau kritik, saran dan kritik ini banyak yang
ditanggapi secara positif oleh para pemilik usaha dan melakukan koreksi/perbaikan
namun tidak dapat dipungkiri juga banyak pemilik usaha yang menanggapinya
dengan negatif. Padahal dengan memanfaatkan informasi dari pelanggan ini para pemilik
usaha dapat melakukan perubahan atau perbaikan ke arah yang lebih baik,
beberapa informasi yang bisa didapat
pemilik usaha dari pelanggan seperti :
- Informasi persaingan
bisnis.
- Informasi produk
pesaing
- Informasi pemasaran/penjualan
produk.
- Informasi ketenaga
kerjaan.
- Informasi cara
mengelola bisnis.
- Informasi inovasi
produk.
Dari informasi pelangga para pemilik usaha dapat melakukan
beberapa hal seperti :
- Menetapkan
strategi.
- Memilih saluran
distribusi yang tepat.
- Memilih dan
membuat produk dengan lebih cepat dan lebih murah.
- Membuat produk yang
sesuai dengan segmentasi.
- Melakukan inovasi,
membuat desain produk baru atau kombinasi.
- Memberikan insentif kepada
pelanggan yang sukarela memberikan informasi.
Dengan adanya kesadaran dari pemilik
usaha betapa pentingnya informasi, apalagi informasi tersebut datangnya dari
pelangga harusnya para pemilik usaha memberikan apresiasi kepada pelanggan yang
sudah memberikan informasi yang berarti ikut peduli terhadap keberlangsungan
usahanya.
0 komentar:
Posting Komentar