Kamis, 04 Desember 2014

Top Of Mind


By on 20.05



Brand Awareness merupakan kesanggupan seseorang calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori produk tertentu. Peran Brand Awarness dalam keseluruhan brand equity tergantung dari sejauh mana tingkat kesadaran yang di capai oleh suatu merek.



Penjelasan mengenai tingkatan kesadaran merek dari tingkat terendah sampai tingkat tertinggi adalah:
  1. Tidak menyadari adanya merek (unaware of brand). Tinggkat kesadaran merek paling rendah dimana konsumen idak menyadari akan adanya suatu merek.
  2. Pengenalan merek (brand recognition). Tingkat minimal dari kesadaran merek. Hal ini penting ketika seorang pembeli memilih suatu merek pada saat melakukan pembelian.
  3. Mengingat kembali (brand recall). Hal ini didasarkan pada apakah seseorang dapat menyebutkan merek tertentu dalam suatu kategori produk tertentu. Hal ini diistilahkan dengan pengingatan kembali tanpa bantuan karena berbeda dari tugas pengenalan, responden tidak perlu dibantu untuk memunculkan merek tersebut.
  4. Puncak pikiran (top of mind). Apabila seseorang ditanya secara langsung tanpa diberi bantuan pengingat dan ia dapat menyebutkan suatu nama merek, maka merek paling banyak disebutkan pertama kali merupakan puncak pikiran dari konsumen itu sendiri. Dengan kata lain, merek tersebut merupakan merek utama yang terdapat dalam benak konsumen di antara merek lain.
Perceived Quality (Kesan Kualitas) merupakan persepsi pelanggan terhadap keseluruhan kualitas atau keunggulan suatu produk atau jasa layanan berkaitan dengan maksud yang diharapkan. Kesan kualitas memberikan nilai dalam beberapa bentuk yaitu:
  1. alasan untuk membeli, 
  2. diferensiasi,
  3. harga optimum,
  4. kepentingan berbagai pos saluran, dan 
  5. perluasan merek
Upaya meraih kesadaran merek, baik dalam tingkat pengenalan maupun pengingatan kembali, melibatkan dua kegiatan, yaitu: berusaha memperoleh  identitas merek dan berusaha mengaitkannya dengan kelas produk tertentu.

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

0 komentar:

Posting Komentar