Kamis, 04 Desember 2014

ARTI PENTINGNYA TRUST


By on 19.49

    Kepercayaan(trust) merupakan kata yang tidak asing lagi di telinga kita banyak orang yang sering mengucapkan kata-kata tersebut namun banyak dari kita yang tidak dapat menjadi orang yang dipercaya, menjadi seseorang yang dipercaya merupakan suatu hal yang sangat berarti bahkan bisa dikatakan merupakan suatu kebutuhan.

  Dalam dunia bisnis kepercayaan sangatlah penting, karena begitu pentingnya kepercayaan(trust) pelaku bisnis rela melakukan berbagai macam cara dengan  berbagai strategi agar dapat mendapatkan kepercayaan dari konsumen, namun dalam dunia bisnis kepercayaan(trust) juga  banyak di manfaatkan kearah negatif, seperti banyak kita temui investasi menjanjikan keuntungan besar yang tidak rasional namun dapat mendapatkan nasabah yang begitu banyak, hal ini menunjukkan bahwa begitu besarnya pengaruh kepercayaan terhadap dunia bisnis, bahkan begitu pentingnya sebuah kepercayaan sudah begitu banyak orang yang memulai bisnisnya tidak bermodalkan uang tapi hanya bermodal kepercayaan.

    Salah satu contohnya adalah Muhammad SAW, beliau mengajarkan bahwa kepercayaan adalah modal utama dalam berbisnis, karena ia memulai bisnisnya dengan modal kepercayaan (trust) saja, tanpa bermodalkan harta benda, karena kepercayaan merupakan faktor fundamental dalam mengembangkan bisnis.
Dimasa modern ini bisnis berlandaskan kepercayaan(trust) sering sekali kita temui, seperti makin maraknya online shop atau penjualan yang berbasis teknologi, antara penjual dan pembeli tidak saling mengenal, transaksi terjadi hanya berbasiskan pada kepercayaan(trust).

  Kepercayaan (trust) bukan hanya dikenal dalam dunia bisnis namun dalam dunia perbankan, khususnya dalam proses perkreditan. Dalam dunia perbankan kepercayaan (trust) sudah dikenal sejak masa Athena Kuno, kata yang maknanya berdekatan dengan kredit adalah pistis, dalam arti yang sempit, pistis adalah kelayakan kredit (creditworthiness), yang bermakna seseorang yang dikenal oleh banker dapat memperoleh pistis yang lebih besar dari harta miliknya. 

  Pada abad ke-17, muncul kata latin credo atau credere, yang berarti memercayai atau kepercayaan, sehingga pengertian kredit berkembang menjadi “ seseorang bersedia memercayai orang lain bahwa orang itu dapat membayar kembali apa yang di pinjamnya”. Kemudian, kata creditworthiness berkembang dan memiliki arti dengan referensi pada reputasi yang dimiliki seseorang, yang merupakan suatu estimasi bahwa orang itu akan dapat mempertahankan karakter dan reputasinya, sehingga dapat dipercaya (Herijanto, 2013).

Sulaiman Helmi. S.E.,M.M
Mahasiswa Program Doktor PPS FE UII
Telah Terbit dikoran Kedaulatan Rakyat (KR)



About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

0 komentar:

Posting Komentar