Minggu, 01 September 2013

Karyawan Sebagai Pelanggan


By on 22.10



Internal Marketing pertama kali di usulkan oleh Berry pada tahun 1976, internal marketing diusulkan sebagai solusi dalam memberikan kualitas pelayanan yang baik secara konsisten, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam internal marketing yaitu, apa yang seharusnya dilakukan, bagaimana seharusnya, dan siapa yang seharusnya melakukan.
Agar internal marketing dapat dilaksanakan secara efektif sebagai paradigma perubahan manajemen organisasi  dan strategi, diperlukan klarifikasi di tingkat definisi. Apa yang dibutuhkan, sebuah spesifikasi yang tepat dari kegiatan apa yang dapat diambil dan apa yang tidak perlu diambil untuk membentuk internal marketing.
Berry pada tahun 1981 juga mendefinisikan internal marketing "melihat karyawan sebagai pelanggan internal, melihat pekerjaan sebagai produk internal yang memenuhi kebutuhan dan keinginan internal pelanggan, serta terus melaksanakan tujuan organisasi ". Asumsi utama yang mendasari pandangan dari internal marketing ini didasarkan pada gagasan bahwa "untuk memberikan kepuasan pelanggan, perusahaan juga harus memiliki karyawan yang puas.
Meskipun begitu sejumlah masalah berpotensi terjadi dari konsep internal marketing ini yaitu, Pertama, tidak seperti situasi pemasaran eksternal, "produk" yang dijual karyawan mungkin saja sebenarnya tidak diinginkan oleh mereka atau bahkan memiliki nilai negatif. Kedua, tidak seperti situasi eksternal, karyawan tidak mungkin memiliki pilihan dalam jenis "produk" yang mereka dapat pilih. Ketiga, karena sifat kontrak kerja karyawan akan "dipaksa" untuk menerima internal marketing "produk" meski mereka tidak mau.  Keempat, biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menjadikan karyawan puas. Dan terakhir, gagasan "karyawan sebagai pelanggan" juga menimbulkan pertanyaan apakah karyawan memiliki keuggulan.
Dari hal diatas dapat kita simpulkan bahwa Internal marketing juga dapat diartikan : menarik, mengembangkan, memotivasi dan mempertahankan karyawan yang berkualitas melalui pekerjaan yang memenuhi kebutuhan mereka. filosofi Internal marketing, memperlakukan karyawan sebagai pelanggan dan ini juga adalah strategi dari membentuk pekerjaan sesuai dengan kebutuhan.
Dengan semakin tingginya tuntutan pelanggan terhadap karyawan, ditambah lagi dengan harapan yang tinggi dari perusahaan, serta persaingan industri yang semakin ketat membuat perusahan harus memiliki inovasi dalam memasarkan, dengan menggunakan pendekatan “karyawan sebagai pelanggan” dapat membuat karyawan lebih baik, menghargai logika dan berlaku sopan, perilaku seperti inilah yang menimbulkan tercapainya kepuasan pelanggan.
Sulaiman Helmi. S.E.,M.M
Mahasiswa Program Doktor PPS FE UII

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

0 komentar:

Posting Komentar